Cara Membuat Watermark Secara Massal Pada Foto

Cara Membuat Watermark Secara Massal Pada Foto

Jika hanya membuat watermark pada satu foto sangatlah mudah, tapi jika kamu ingin membuat watermark pada ribuan foto bila dilakukan manual satu persatu tentunya akan sangat menyita waktu, tenaga dan juga membosankan. Salah satu software untuk membuat watermark pada banyak foto secara massal adalah Fanstone Image Viewer.

Sebelum menggunakan Fanstone Image Viewer kamu harus sudah memiliki file image yang akan digunakan sebagai watermark. Jika belum memilikinya silakan membuatnya terlebih dahulu di corel draw, photoshop, atau software sejenis lainnya. Sebaiknya file gambar yang akan dijadikan watermark di simpan menggunakan export for web yang berformat PNG, agar support transparan.

Cara Menggunakan Fanstone Image Viewer

Download Fanstone Image Viewer terlebih dahulu disini. Pada contoh kali ini saya menggunakan versi portable agar tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu. Karena versi portable berformat zip kamu harus mengekstraknya terlebihdahulu menggunakan winzip, winrar, atau sejenisnya.

Buka folder hasil ekstrakan lalu buka file yang bernama FSViewer.exe.

Cara-Membuat-Watermark-Secara-Massal-Pada-Foto-1

Setelah Fanstone Image Viewer terbuka cari folder tersimpannya foto yang akan dikasih watermark. Sebaiknya foto berada dalam satu folder.

Cara-Membuat-Watermark-Secara-Massal-Pada-Foto

Selanjutnya blok seluruh foto dengan cara menekan tombol CTRL + A, kemudian klik kanan > Tools > Batch Converter.

Cara-Membuat-Watermark-Secara-Massal-Pada-Foto-3

Kemudian ceklist Use Advanced Options dan klik Advanced Options.

Cara-Membuat-Watermark-Secara-Massal-Pada-Foto-4

Selanjutnya pili tab Watermark > Ceklist Add Watermark > Klik Watermark Image. Cari watermark image yang sudah kamu buat sebelumnya.

Cara-Membuat-Watermark-Secara-Massal-Pada-Foto-5

Lalu atur posisi watermark dengan cara pilih position, disini saya menggunakan posisi Bottom-Right. Seret logo watermark agar tidak benar – benar berada di bawah kanan atau sesuai keinginan. Selanjutnya lihat Converion Preview, jika posisnya sudah sesuai keinginan klik close dan akan kembali ke halaman Advanced Options.

Pada halaman Advanced Options klik Ok.

Cara-Membuat-Watermark-Secara-Massal-Pada-Foto-7

Maka kamu akan kembali menemui hamalan Bacth Converter. Pada halam ini silakan cari output folder dengan cara klik Browse. Yang nantinya output folder ini sebagi tempat tersimpanya hasil convert foto. Setelah itu klik Convert.

Cara-Membuat-Watermark-Secara-Massal-Pada-Foto-8

Ketika proses convert sudah selesai ceklist Open Containing Folder kemudian klik Done. Maka folder hasil foto akan terbuka.

Jika kamu masih merasa bingung atau ada pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *